/Dukung Gratieks, 1.22 Milyar Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Vanili Kering Asal Lombok

Dukung Gratieks, 1.22 Milyar Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Vanili Kering Asal Lombok

Lembar 16/11 – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Mataram mencatat adanya peningkatan permohonan fasilitasi ekspor  komoditas pertanian vanili kering asal Sembalun Lombok (NTB) yang mulai menampakkan wajah pertaniannya yang langsung terkirim ke negara Amerika Serikat.

Berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFAST Karantina Pertanian Mataram tercatat fasilitasi ekspor komoditas pertanian vanili di bulan Oktober terkirim 765 kilogram dengan nilai ekonomis Rp 1.7 Milyar sedangkan di bulan November sebanyak 605 kilogram dengan nilai ekonomis Rp 1.22 Milyar dengan total mencapai Rp 3 Milyar tahun 2020. Di tahun ini pula menggandeng dinas pertanian, dinas perdangangan, beacukai, Pelindo III dan pemilik usaha UD. Rempah Organik Lombok untuk kedua kalinya lalukan pelepasan ekspor komoditas pertanaman vanili yang mana sebelumnya melalui daerah lain.

Menurut Arinaung, dengan penggagasan komunitas group genjot ekspor NTB di bulan lalu antar intansi terkait didalamnya, turut mempercepat peningkatan layanan dan sinergitas  ekpor komoditas pertanian tentunya pertanian dipulau Lombok. Hal ini pula turut mendukung program Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani  dengan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekpor Pertanian (Gratieks) supaya ekspor komoditas pertanian meningkat dan terus berkelanjutan. Karatina Pertanian Mataram melakukan percepatan pelayanan tindakan karantina dan juga secara rutin memberikan bimbingan teknis pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari, sesuai yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor.

Dimata pelaku usaha Bapak Mohir Ali dengan usahanya yang kecil ini terungkap rasa bahagia dikarenakan bagian kecil dari mendukung program Gratieks Kementerian Pertanian dengan legalitas Lombok yang memiliki cita rasa vanili nilai lebih dari dari vanili daerah lainnya. Sebelumnya selama 8 tahun berkecimpung belajar tentang pertanaman vanili, Ungkapnya.

Mari perkuat sinergitas untuk menyambut peluang pasar dan gencarkan Program Gratieks Kementerian Pertanian.